Friday, June 29, 2012

Ikan Bakar (Saengsun Gui/생선구이)

Ikan bakar???? banyak cara dalam memasak ikan bakar, di beri bumbu santan, kecap atau dibaluri dengan lumpur. Tapi bagimana kalau mencoba ikan bakar ala korea. Original ikan bakar yang biasa keluarga ku makan ( yeobo dan oemonim) adalah ikan yang di beri garam kemudian di bakar. Dan kalau kami  pergi ke rumah adik ipar mereka memasak ikan bakar seperti ini, karena inilah satu-satunya makanan halal yang bisa kami makan, selain dari kimchi,oedeng :D
Bagi saya yang telah terbiasa mengenal masakan Indonesia yang banyak bumbu apalagi masakan Minang, ini tidaklah membuat lidah saya bergoyang. Jadi saya pun mencoba mencari ide masakan yang sesuai dengan selera saya dan yeobo dengan mengunakan bumbu korea. Inilah SaengsunGui (생선구이)
Bahan:
1. Ikan bisa pakai jenis apapun, Mackerel, yang ikan ini saya tidak tahu apa namanya, bersihkan ikan terlebih dahulu serta sisiknya dan beri air perasan lemon biarkan selama 1/2 jam


2. Keringkan air lemon dengan mengunakan kertas dapur, ekor ikan nya sudah patah qiqiqiiqiqiqi


3. Bumbui Ikan dengan
  • 3 sdm soy sauce
  • 1/4 sdm black pepper
  • 1 sdm sesame oil
  • 2 sdm gula pasir
aduk semua bahan dalam mangkok dan lumuri ikan ketika akan di pangang, pangang sampai kematangan yang di mau, kalau saya memangang dengan pemangang listrik.













taaa daaaaaa beginilah hasilnya, sayangg sebelum sempat saya foto sudah di makan sama oppa, hanya tersisa bagian depan saja itupun tingal seperempat :D
Inilah hasil nya yang kecil, lebih baik ketika memakan makanan yang di bakar memakan banyak sayuran atau lalapan, Kenapa???? ketika kita membakar ikan atau apaun itu baik dengan cara di bakar listrik ataupun di bakar dengan bara api, katanya, makanan tersebut akan mempunyai zat-zat yang memicu penyakit kanker atau carsiogenic akibat adanya atom arang yang melekat. Tapi menurut saya fungsi sayuran yang kita makan  apapun jenisnya itu akan bisa menangkap senyawa carsiogenic di dalam tubuh terutama di dalam kolon ( usus besar) yang bisa menyebabkan terjadinya Ca Colon atau kanker kolon. Jadi makanlah banyak sayuran di setiap kali kita makan, Gizi Seimbang

No comments:

Post a Comment