Thursday, May 23, 2013

Gulai Tauco (Minang Food)

Assalamualaikum

Hari ini saya memposting masakan minang yaitu Gulai Tauco, kebetulan saat berbelanja ke toko buah kemarin ada buncis serta cabe hijau, serta ada tauco juga di rumah. Gulai tauco ini masakan yang selalu ada pada penjual Lontong di Sumbar. Kita memberi nama Lontong Gulai Tauco, kenapa gulai tauco bukan gulai buncis karena pemakaian tauco pada gulai tersebut. Selain itu ada juga Gulai Nangka atau Gulai Pakis sebagai teman makan lontongnya. Tapi sayang saya tidak membuat lontongnya karena harus bekerja, jadi teman makannya cuman nasi beras merah saja ^_* dan kerupuk bawang. Ada lagi nih yang harus di perhatikan saat makan gulai tauco harus hati-hati karena kalau tidak tahu membedakan antara cabe dan buncis bisa jadi kita memakan cabe karena mengiris buncis sama bentuknya dengan mengiris cabe :D
Untuk bahan-bahanya serta cara memasaknya tidak begitu sulit

Bahan:
1/4 kg Buncis (saya kira2 aja hitungnya)
20 buah Cabe hijau (tergantung selera)
3-4 siung Bawang putih 
1/4 Bawang merah besar 
11/2 ruas jari jahe
1/4 serai
10 buah petai
1 buah hati ayam 
1/4 tahu
1/4 tempe
3 sdm tauco
1 inch lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 lembar kecil daun kunyit
1/2 kaleng santan
1/2 cup air
1 sdt garam
1 sdt penyedap (kalau suka)
2 sdm minyak untuk menumis
Cara : 
Bersihkan serta iris buncis dan cabe secara tipis dan menyerong. Potong dadu tahu, tempe dan hati ayam kemudian goreng. Haluskankan semua bumbu kecuali serai,lengkuas serta daun- daun. Tumis bumbu sampai wangi masukan daun-daun dan pete kemudian buncis dan cabe, masak sampai layu setelah itu masukan santan, air dan tauco aduk- aduk terus agar santan tidak pecah. Seteah itu masukan semua bahan yang telah di goreng tadi, tempe, tahu dan hati ayam, masak sampai matang tambahkan garam dan penyedap kalau suka.

Note: 
Pada saat memasak gulai tauco ini saya tidak memakai tempe yang saya buat, setelah saya cek ternyata tempenya berubah warna meskipun baunya tidak berubah, karena takut keracunan jadi tempenya saya buang saja, soalnya tempe saya letakan di kulkas bukan di freezernya mungkin karena itu berubah warna karena basah.
Di Padang kita mencampur gulai tauco dengan mengunakan rimbang/ takokak juga yang berbentuk bulat hijau seperti kacang polong, yang mana rimbang ini bagus u kesehatan mata.

Annissa Yoon



1 comment:

  1. Trims resepnya sist, udh dcobain dan alhamdulillah enyaaakk.. Dtunggu resep padang lainnya ya..

    ReplyDelete