Sunday, May 12, 2013

Tempe

Assalamualikum semua ^_*
Alhamdulillah saya berhasil juga membuat tempe, ini adalah yang ke 3 kalinya buat tempe, 1 kali gagal saat winter tahun lalu. Awalnya sih tidak ada terniat untuk post cara membuat tempe, tapi idenya muncul sehingga saat pemberian ragi saja dan selain itu sebenarnya sih malu juga post cara membuat tempe disini karna pastilah sudah banyak yang membahas tentang bagimana cara membuat tempe :P. Tapi karna saya begitu senangnya berhasil membuat tempe maka saya berbagi kesenangan disini, dan harap teman2 semua maklum yaaaa :D
Bagaimana cara pembuatan tempe saya lihat di youtube, teman2 bisa melihatnya disana, tapi akan saya beri tahu bagimana versi saya membuatnya :
Bahan :
  1. Kacang kedele (maaf kacangnya tidak saya timbang tapi karna tapi saya kira2 saja 1/2 kg )
  2. Ragi 1/4 sdt
  3. Air 
  4. Tusuk gigi
  5. Plastik untuk membungkus kedele
Cara:
Rebus kacang kedele sampai matang dan berbusa, lalu tiriskan dan rendam dalam air semalaman. Keesokan hari kupas kacang kedele dari kulitnya dan kacang kedele akan terbelah sendiri menjadi dua bagian, saat proses pengelupasan kedele dari kulitnya bisa juga mengunakan mesin drill nya tapi sayang saya tidak punya sehingga hanya dengan mengunakan tangan saja, prosesnya begitu lama dengan cara manual jadi harus sedikti lebih sabar dan jangan lupa setelah pengelupasan kulit kedela rendam dengan air dan saring sehinga kulitya terbuang lakukan hal itu berulang kali sampai tidak ada sisa kulit lagi yang ada hanya kedelenya saja, kalau proses pengelupasan kulit ini memakan waktu lebih kurang 1 jam bahkan lebih sama tangan :D
Setelah kacang kedele berish dari kulit arinya rebus sebentar sampai matang dan kemudian tiriskan, tungu lebih kurang 20 menit dimana kacang kedele sedikit suam2 kuku dan kering, masukan ragi dan aduk-aduk sampai kedele tercampur rata dengan ragi.
Siapkan plastik, saya mengunakan freezer bags plastik, masukan kedele kedalam plastik dan kemudian tusuk-tusuk plastik untuk memebrikan ruang pada ragi agar berkembang dan akan menjadi tempe.
Letakan di tempat yang sirkulasi udaranya bagus dan aman, kalau saya meletakannya di atas lemari es  dengan mengunakan cooling rack, saya membuat tempe pada hari rabu,kamis sore proses peragian dan tempe jadi pada hari sabtu pagi, jadi proses pembuatan tempe 3 hari, dan hari ke empat kedele sudah berubah menjadi tempe
Sabtu pagi saya langsung mengoreng tempe dengan memberi bumbu dan tepung, alhamdulillah mom suka sekali apalagi dimakan bersamaan dengan saus sambal :D
Selamat mencoba ya teman-teman


Annissa Yoon ~_~

No comments:

Post a Comment