Friday, June 21, 2013

Kalio Daging ( Minang Food)

Assalamualaikum Semua ^_^

 
Sebelumnya saya minta maaf karna blog saya yang masakan korea saya campur dengan masakan minang, biar ada variasinya :D
Yang saya post sekarang adalah kalio daging dan campurannya kacang pagar putih kalau di Padang, kalau bahasa ingrisnya white kidney bean ( krn kacangnya hampir sama bentuknya dengan ginjal kali ya) untuk bahan sangatlah mudah di dapatkan, yang harus di ingat kalau gulai orang minang itu bumbunya yang dasar itu ada 9 macam : jahe,bawang putih,bawang merah,laos,serai,daun kunyit,daun salam dan daun jeruk, itu yang menjdi bahan dasar bumbunya dalam setiap gulai, untuk bumbu yang lain itu tergantung lagi dari jenis gulainya
Ini carita saya dulu, saya sudah mulai belajar masak senjak SMA dan setelah tamat SMA saya melanjutkan pendidikan di Akademi Keperawatan di Bukittinggi, disitu saya mulai masak dalam arti yang sebenarnya karna kalau tidak masak berarti saya tidak makan, kalau beli lauk sambal uang saya tidak cukup untuk sebulan dan terutama sekali perut saya akan sakit karena mencret, biasanya warung- warung makan mencampur masakan mereka dengan merica yang membuat perut saya mules. Dari sanalah kemampuan masak saya bertambah, saat bekerja pun saya selalu membawa bekal untuk makan siang saya,  semua makanan itu saya masak dipagi hari setelah shalat shubuh, sebelum berangkat ke kantor, sarapan pagi dan berangkat, banyak juga yang menertawakan saya tapi saya tidak perduli orang bicara apa, yang penting itu baik bagi saya dan saya tidak menyingung orang lain, biasanya bekal makan siang saya menunya komplit, nasi (karbohidrat), lauk (protein) dan sayur (sumber vitamin dan mineral) serta saya selalu bawa buah2 an untuk pelengkap makan saya,, atau saya beli pada tukang buah yang selalu datang ke kantor setiap siangnya :D. Hanya kita yang tahu apa yang kita butuhkan bukan orang lain :D
Bahan :

  1. 1/4 daging
  2. 1/4 kacang pagar putih (white kidney bean)
  3. 1 inch jahe
  4. 1 inch kunyit
  5.  5 siung bawang putih
  6. 1/4 bawang bombay( 5 - 6 siung bawang merah kecil)
  7. 1 inch laos
  8. 1 batang serai (memarkan)
  9. 2 lembar daun salam
  10. 2 lembar daun jeruk
  11. 1 lembar daun kunyit
  12. 1/4 Cabe giling (kalau saya disini mengunakan 10 buah cabe rawit dan 1/4 potong paprika)
  13. 500 cc Air panas
  14. 1/2 kaleng santan kental (bisa di tambah)
  15. 250 air
  16. 1 sdm garam
  17. 1/2 pepsin kalau suka( bisa di ganti dgn 1 sdm masako/ royco rasa sapi)
Cara:
Potong daging dengan ukuran kecil, bersihkan, giling halus semua bumbu, kecuali laos, serai, daun salam, jeruk, kunyit. Rendam kacang dengan air panas sampai kacang lunak dan tidak keras ( lebih kurang 30 menit) Masukan bumbu halus serta daun2, cabe dan santan kedalam kuali, aduk-aduk sampai santan masak dan tidak pecah, lalu masukan daging, aduk sekali2 agar santan tidak mengendap di bawah dan tidak hangus, setelah daging matang baru masukan kacang pagar, biarkan beberapa saat sampai kacang empuk, tambahkan garam dan penyedap, kalio siap sajikan : D

Selamat Mencoba ^_^

Note: 
Kacang direndam dengan air panas supaya cepat empuknya dan saat dimasak tidak keras

No comments:

Post a Comment