Sunday, September 16, 2012

Pensi

Assalamualikum Semua Selamat Malam
Alhamdulillah kesampaian juga keinginan saya makan kegemaran saya : "Pensi". Kemarin waktu saya ke Brooklyn saya menemukan pensi ini kalau orang Sumatera Barat memberi nama Pensi, tapi suami saya mengatakan ini tiram kecil/kerang.  Pensi sangat populer di Bukittinggi dan Singkarak yang mana berasal dari  Danau Maninjau dan Danau Singkarak. Ketika saya kecil pensi ini menjadi cemilan kami kalau kita pulang ke Bukittinggi, tapi sayang pensi masak yang di jual di pasar kebanyakan belum terbuka cangkangnya, dan bagi saya sangat sulit sekali membukanya, karena harus punya keahlian khusus untuk membukanya dengan gigi :D
Apalagi saat saya sekolah dan bekerja di Bukittinggi, inilah jadi menu saya setiap malam minggu atau hari minggu, biasanya saya membeli pensi sepulang dari lari pagi dan senam di Jam Gadang yang berlokasi di Pasar Atas, kemudian saya menuju Pasar Bawah untuk membeli bermacam sayuran dan pensi ini. Harganya pun tidak terlalu mahal untuk 1 liter pensi kisaran Rp 3500-Rp 4000, itu untuk pensi yang ukuran sedang, tapi untuk ukuran angak besar akan di naikan Rp.500-Rp 1000, nga perlu pusing memikirkan bumbunya tinggal beli di toko yang jual cabe giling, bawang dan bumbu lain, bilang saja beli bumbu pensi dengan harga satu bungkus Rp 500- Rp 1000 dikasih lengkap deh tapi jangan lupa minta cabe giling sedikit, biasanya cuma di kasih satu sendok makan. Untuk bumbu yang lain tinggal daun-daunnya saja. Tapi rasa pensi berbeda dari tiap-tiap daerah yaa tergantung yang membuatnya, inilah resep pensi ala saya, selamat mencoba kalau suka yaaaaa
Bahan :

  1. 2 pounds pensi 
  2. 7 siung bawang putih (haluskan)
  3. 1 1/2 inch jahe (haluskan)
  4. 1/2 inch lengkuas (haluskan)
  5. 1/4 bawang merah (haluskan)
  6. 2 butir kemiri (haluskan)
  7. 5 buah cabe rawit (karna kurang pedas saya tambahkan lagi 1 sdm cabe bubuk) haluskan
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 2 lembar daun salam
  10. '7 lembar daun pandan (potong kecil-kecil)
  11. 4 batang daun bawang (potong kecil-kecil)
  12. 1 sdm royco rasa sapi
  13. 1/2 sdm garam masala ( kalau di padang bumbu pemasak kambing)
  14. 1 sdt ajinomoto
  15. 1 sdt garam
  16. 2 sdm minyak goreng
  17. Air untuk merebus

Cara :
Untuk Pensi
Cuci bersih pensi, beerapa kali sampai kotoran, sisa pasir dan pensi yang mati atau kulitnya saja yang tertinggal terbuang., tiriskan. Masak air sampai mendidih tuangkan kedalam mangkok atau wadah yang telah diisi pensi aduk-aduk, tutup diamkam lebih kurang 5 menit. Ulangi sekali lagi, tiriskan
Untuk Bumbu
Dengan api sedang tumis bumbu halus sampai harum, masukan daun jeruk dan daun salam kemudian daun pandan dan daun bawang, setelah daun layu masukan pensi aduk-aduk sampai bumbu merata pada pensi lalu tutup setelah itu tambahkan royco, garam dan ajinomoto aduk aduk lagi tutup cangkangnya akan terbuka dengan sendirinya. Pensi siap di santap

Note :

  • Saat dimasak pensi akan mengeluarkan air jadi tidak perlu di tambahkan air kedalmnya
  • Pemberian daun pandan untuk mengurangi bau amis pada pensi dan menambah kelezatan pada pensi
  • Pemberian cabe menambah kelezatan dan menghilangakan bau amis juga
Annissa Yoon

No comments:

Post a Comment